RESEARCH ACTIVITIES

Kerjasama

Bahasa Indonesia

Selama lebih dari 40 tahun, Pusat Penelitian Ekonomi telah bekerjasama dengan berbagai organisasi dalam bentuk kolaborasi riset, pelatihan dan sosialisasi publikasi riset. Mitra Pusat Penelitian Ekonomi meliputi: 

Institusi Pendidikan

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fokus Riset

Bahasa Indonesia

1. Pengentasan Kemiskinan 
   • Kebijakan anti kemiskinan di Indonesia: pendekatan transfer pendapatan dan transfer sosial
   • Revitalisasi program PNPM mandiri pedesaan
   • Pengentasan kemiskinan melalui penguatan ketahanan pangan dan stabilisasi harga produk pangan di Indonesia

Bidang Keuangan dan Perbankan

Bahasa Indonesia

Fokus kegiatan dalam kelompok penelitian keuangan dan perbankan meliputi kajian di sektor perbankan baik konvensional maupun syariah, lembaga keuangan non-bank, pasar modal dan sebagainya. Kajian-kajian tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai kinerja keuangan dan perbankan serta peranannya dalam mendukung dunia usaha. Hasil kajian tersebut dimaksudkan untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan dijadikan sebagai masukan bagi para pengambil kebijakan, pelaku usaha dan masyarakat. 

KETUA KELOMPOK PENELITIAN KEUANGAN DAN PERBANKAN: 

Bidang Industri dan Perdagangan

Bahasa Indonesia

Fokus kegiatan dalam kelompok penelitian industri dan perdagangan meliputi kajian di berbagai sektor (pertanian, perkebunan, perairan, perikanan, energi dan transportasi) dan bidang industri (pengolahan baja, pertambangan). Selain itu, kelompok penelitian ini juga melakukan kajian mengenai perdagangan internasional, standardisasi produk seperti produk makanan halal, industri kreatif dan mengkaji kerjasama antara pemerintah dan swasta dalam hal infrastruktur.

Bidang Pembangunan Daerah

Bahasa Indonesia

Fokus kegiatan dalam kelompok penelitian pembangunan daerah meliputi kajian di bidang ekonomi regional, otonomi daerah (Pilkada), daya saing daerah, ketimpangan pendapatan antar wilayah dan perencanaan pembangunan daerah. Hasil-hasil kajian tersebut diharapkan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan menjadi referensi atau bahan pertimbangan kebijakan pembangunan daerah.

KETUA KELOMPOK PENELITIAN PEMBANGUNAN DAERAH:
Peneliti -  Kelompok Penelitian Pembangunan Daerah