Evaluasi Kebijakan Energi Nasional: Tantangan, Progres, dan Prospek

Bahasa Indonesia

Tema yang diangkat dalam jumpa press P2E kali ini adalah mengenai sektor energi  yang dipaparkan oleh Dr. Maxensius Sambodo. Isu yang dikupas dalam jumpa press ini merupakan intisari dari serangkaian penelitian yang telah dilakukan oleh P2E sejak 5 tahun terakhir. Beberapa poin yang dikupas oleh penyaji meliputi: peran sektor energi dan perekonomian nasional; kondisi ketahanan energi nasional; mengurai lingkaran kebijakan sektor energi; prospek kebijakan energi.

 

ECONOMIC OUTLOOK 2014 : PENGUATAN BASIS PERTUMBUHAN EKONOMI YANG INKLUSIF

Bahasa Indonesia

Dalam beberapa minggu lagi, kita akan memasuki tahun 2014. Tahun depan merupakan tahun politik yang akan ditandai oleh pemungutan suara pemilu legislatif pada tanggal 9 April 2013 dan pemungutan suara pemilu presiden 9 Juli 2014. Tahun politik merupakan tahun yang akan banyak diwarnai oleh ketidakpastian dan akrobatik politik. Oleh karena itu, menjelang pesta demokrasi, para pelaku bisnis cenderung akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Pada sisi lain, tahun politik juga diyakini dapat memberikan akselerasi terhadap pertumbuhan ekonomi.

MENJAGA MOMENTUM PERTUMBUHAN DI TENGAH PERUBAHAN KONFIGURASI PEREKONOMIAN GLOBAL DAN DOMESTIK

Bahasa Indonesia

Ekonomi Indonesia diprediksi akan menghadapi kondisi perekonomian global yang masih melemah selama 2013. Berbagai proyeksi lembaga-lembaga internasional maupun nasional, menunjukkan bahwa Krisis Eropa, Resesi di Amerika Serikat, dan pelemahan ekonomi China merupakan faktor eksternal yang akan mengerem laju pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 2013.

OUTLOOK PEREKONOMIAN INDONESIA TAHUN 2008

Bahasa Indonesia

Kalau dianalogikan dengan pertandingan sepak bola, pada tahun 2008 Pemerintahan SBY-JK mulai memasuki babak injury time. Tahun 2008 adalah kesempatan terakhir bagi Pemerintahan SBY-JK untuk menunjukkan kepada rakyat bahwa mereka mampu me-manage dan memperbaiki performa perekonomian Indonesia sebelum mereka disibukkan dengan kegiatan Pemilu pada tahun 2009. Karena itu, sangat wajar bila pada tahun 2008 Pemerintahan SBY-JK akan termotivasi untuk all out menjaga dan memperbaiki kondisi perekonomian.

PROSPEK PEREKONOMIAN INDONESIA TAHUN 2007

Bahasa Indonesia

Di akhir tahun 2005 atau tepatnya pada tanggal 5 Desember 2005, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan perubahan susunan Kabinet Indonesia Bersatu yaitu dengan mengganti 5 orang menteri bidang ekonomi dan Kepala Bappenas. Trio Boediono, Sri Mulyani dan Mari Pangestu memiliki mainstream akan kehati-hatian di dalam menjaga kestabilan ekonomi makro. Kondisi ini tercermin dengan semakin stabilnya indikator makro ekonomi seperti tingkat inflasi, suku bunga dan  nilai tukar Rupiah terhadap US$ hingga penghujung tahun 2006.