Pertumbuhan dan Pemerataan Tak Bisa Bersanding dengan Baik

Bahasa Indonesia

JAKARTA - Gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah dinilai belum mampu menyingkirkan kesenjangan yang terjadi khususnya bagi nelayan dan masyarakat wilayah pesisir.

Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI Tri Nuke Pudjiastuti menganggap, pertumbuhan dan pemerataan yang diupayakan pemerintah melalui pembangunan tidak otomatis membuat kesenjangan yang terjadi dapat berkurang.



"Hasil-hasil penelitian yang dilakukan teman-teman di ekonomi menunjukkan ada suatu paradoks yang cukup serius bagaimana sebenarnya antara pertumbuhan dan pemerataan itu tidak bisa disandingkan secara baik," ujarnya pada seminar Economic Outlook 2017 di Gedung LIPI Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Menurutnya, jika berbicara soal infrastruktur selalu dikatakan untuk memajukan dan menguatkan wilayah tertentu. Padahal, masih ada faktor lain yang harusnya diperhatikan untuk membangun sebuah wilayah.

"Bahkan yang terjadi ketika ketimpangan itu semakin melebar, secara sistemik kemiskinan itu pun juga terjadi di wilayah masyarakat pesisir khususnya adalah nelayan. Karena sebagian besar atau 130 juta masyarakat kita hidup di pesisir," ungkapnya.

Menurut Nuke, tingkat pendapatan yang diperoleh oleh nelayan juga masih sangat rendah. "Ketika kita bicara nelayan kita bisa lihat pada persentase yang sangat kecil tetapi juga ternyata pada persentase yang sangat kecil pun mereka mengalami eksklusif sosial yang luar biasa," tambahnya.



Sumber : okezone.com. 14 Desember 2016



Sivitas Terkait : Dr. Tri Nuke Pudjiastuti M.A.