LIPI Dorong Tol Laut Libatkan Pelra

Bahasa Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendorong peningkatan efektivitas tol laut dengan melibatkan pelayaran rakyat berada di pulau-pulau terpencil.

Panky Tri Febiansyah, Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi (P2E) LIPI mengatakan target utama tol laut adalah menurunkan disparitas harga barang dari Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur.

"Coba dikonversikan [disparitas harga] ke pangan, lalu membangun manusianya [sumber daya manusia]," kata Panky di Media Centre LIPI pada Jumat (25/8/2017).

Olen sebab itu, lanjutnya, jika mengatakan konsep tol laut sebagai arteri dan masuk ke konteks pasar, maka ketika mencapai skala pengiringan, kalau berkapasitas kecil dikatakan sebagai alternatif."Pelayaran rakyat bisa menjadi alternatif jika kapal-kapal besar itu susah masuk."

Menurut Panky, efektivitas infrastruktur pelabuhan perlu didorong dan digunakan semuanya termasuk pelayaran rakyat.

Dengan menjadikan tol lut sebagai arteri dan masuk ke konteks pasar, maka pelayaran rakyat harus menjadi backbone yang masuk ke pulau-pulau kecil.

"Logistik itu PR kita bersama. Aktivitas apapun tidak akan bisa berjalan kalau infrastrukturnya tidak ada," ujarnya.

Sebelumnya, dalam kajian yang telah dilakukan tim P2E LIPI, diperlihatkan bahwa dimensi perspektif atas tol laut yang dipahami selama ini hanya port to port. Seharusnya konsep ini diperluas menjadi door-port to port-door.

 

Sumber: http://industri.bisnis.com/read/20170826/98/684361/lipi-dorong-tol-laut-...