Seminar "Strategies for Publishing Economics Research in International Journals"

Pada tanggal 22 Juni 2017, Pusat Penelitian Ekonomi LIPI kembali menghadirkan Dr. Paul Burke dari Australian National University. Dr Paul Burke mempresentasikan mengenai researching and publishing in economics. Acara ini diadakan di Ruang Seminar Widya Graha lantai 1 pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.  Acara ini dipandu oleh Dr. Maxensius Tri Sambodo dan dihadiri oleh 37 hadirin dari kalangan internal dan eksternal LIPI.
Pada presentasi pertama, beliau memaparkan proses-proses yang harus dilewati untuk bisa menerbitkan hasil penelitian di jurnal internasional. Beliau juga memberikan informasi mengenai panduan menulis, sumber data dan jurnal-jurnal dibidang ekonomi yang masuk dalam top jurnal. Hal yang ditekankan oleh Dr. Paul Burke dalam paparannya adalah “Revise and Resubmitt”. Revise and resubmitt membuka peluang tulisan dapat dalam jurnal. Agar proses ini berjalan baik, maka sebaiknya Sehingga perlu dikerjakan sebaik mungkin. Proses ini butuh waktu, namun jangan terlalu lama dikerjakan atau diabaikan. Hal lain yang perlu dilakukan setelah artikel diterima di sebuah jurnal adalah diseminasi. Diseminasi bisa dilakukan melalui media sosial, surat kabar, blog, dan lain-lain. Diseminasi merupakan upaya untuk memperluas visibilitas dari artikel tersebut.
Pada paparan kedua Dr. Paul Burke mempresentasikan paper mengenai “Fuel Prices and Australian Road Safety”. Beliau menjelaskan hubungangan harga bahan bakar dan jumlah kematian akibat kecelakaan saat berkendara di Australia. Hasil studi menunjukkan, harga bahan bakar yang rendah dapat meningkatkan kecelakaan lalu lintas, dan kejadian ini lebih banyak menimpa anak muda.

Bahasa Indonesia