Seminar Desain Penelitian

Pusat penelitian Ekonomi – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2 Ekonomi – LIPI) mengadakan seminar desain penelitian untuk kegiatan DIPA pada tanggal 28-29 Maret 2016 di Gedung Widya Graha Lantai 5.

Seminar ini bertujuan untuk mempertajam rancangan penelitian setiap kelompok penelitian sebelum melakukan penelitian di lapangan. Tema dalam seminar kali ini sesuai dengan flagship P2 Ekonomi yaitu “Penguatan Daya Saing Ekonomi Menuju Pertumbuhan yang Inklusif”.

Tahun ini P2 Ekonomi memiliki 1 kegiatan penelitian studi literature dan 5 kegiatan penelitian empiris.

Judul penelitian Tahun 2016 adalah sebagai berikut:

 

Penguatan fundamental teori daya saing dan pertumbuhan inklusif yang dipaparkan oleh Prof. Carunia Mulya Firdausy. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori daya saing dan pertumbuhan inklusif yang diharapkan dapat memayungi seluruh kegiatan penelitian empiris.

 

Penguatan daya saing institusi keuangan dalam pengembangan UMKM yang dipaparkan oleh Yeni Saptia., M.Si. Penelitian ini akan mengkaji daya saing institusi keuangan perbankan, meliputi bank umum konvensional dan syariah, serta bank perkreditan rakyat dalam upayanya mengembangkan UMKM khususnya yang bergerak di sektor perikanan. Penelitian ini direncanakan akan dilakukan di 2 lokasi yaitu Medan dan Jawa Timur (Malang).

 

Daya saing industri maritim dalam konteks MEA: Kasus industri perkapalan, di paparkan oleh Dr. Siwage Dharma Negara. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasikan kondisi terkini serta posisi industri perkapalan di Indonesia serta merumuskan strategi peningkatan daya saing dalam industri tersebut khususnya di ASEAN. Penelitian ini akan dilakukan di Batam dan juga Surabaya yang merupakan sentra industri perkapalan nasional Indonesia.

 

Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan dalam konteks global: Infrastruktur pendukung peningkatan daya saing sektor perikanan, yang dipaparkan oleh Drs. M. Najib. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan infrastruktur perikanan tangkap untuk kemudian dibuatkan strateginya sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor perikanan Indonesia. Penelitian ini akan dilakukan di kota Bitung, Sulawesi.

Ketahanan energi dalam mendukung daya saing ekonomi nasional: Kajian penguatan infrastruktur yang dipaparkan oleh Chitra Indah Yuliana., M.EconDev. Penelitian ini akan menganalisis aspek ekonomi, lingkungan, efisiensi energi, dan tata kelola dalam konsep penguatan infrastruktur perikanan khususnya yang terkait program konversi BBM ke BBG. Penelitian ini akan dilakukan di daerah Cirebon dan Tuban.

 

Infrastruktur sosial dan jaminan sosial dalam perspektif pertumbuhan inklusif: Strategi pemerataan pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan, yang di paparkan oleh Pangky Tri Febiansyah., MIDEC. Penelitian ini berusaha untuk menganalisis sejauh mana pertumbuhan ekonomi Indonesia telah memberikan manfaat secara inklusif bagi warganya khususnya di bidang kesehatan dan pendidikan. Penelitian akan dilakukan di Bali dan Kepulauan Riau.

Bahasa Indonesia