Rapat Kerja P2E-LIPI 22-24 Maret 2016: Profesional, Excellent, Komitmen

PusatPenelitianEkonomi-LIPI,Bogor,Maret 2016—Pusat Penelitian Ekonomi (P2Ekonomi) LIPI menyelenggarakan Rapat Kerja pada 22-24 Maret 2016 di Citra Cikopo Hotel, Cisarua, Jawa Barat. Rapat Kerja 2016 ini mengusung tema “Melalui Rapat Kerja Kita Tingkatkan Kebersamaan, Komitmen, dan Profesionalisme Menuju Tercapainya Kinerja yang Excellent”. P2Ekonomi-LIPI berupaya agar rapat kerja mampu menghasilkan rencana kegiatan yang mendorong perkembangan P2Ekonomi-LIPI ke depan sehingga apa yang menjadi tema dapat terwujud.

 

Agenda rapat kerja ini merujuk pada payung besar dari Kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusian (IPSK) LIPI, yaitu Transformasi Sosial Era Globalisasi: Penguatan Demokrasi dan Identitas Budaya serta Daya Saing Penduduk dan Ekonomi. Dari payung besar ini, flagship dari P2Ekonomi-LIPI adalah Penguatan Daya Saing Ekonomi Menuju Pertumbuhan yang Inklusif dengan mengambil tiga tema besar, yaitu Penguatan Infrastruktur Ekonomi bagi Peningkatan Daya Saing, Penguatan Daya Saing Institusi Keuangan dalam Pengembangan UMKM, dan Pertumbuah Inklusif dan Strategi Pemerataan Pembangunan. Selanjutnya, sebagai institusi penelitian yang mengkaji studi ekonomi, P2Ekonomi-LIPI akan terus berupaya memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya penguatan daya saing dan pencapaian pertumbuhan yang inklusif sebagaimana yang tertuang dalam rencana strategis P2Ekonomi-LIPI tahun2015-2019.

 

Pada hari pertama rapat kerja, P2Ekonomi-LIPI fokus membahas mengenai agenda yang akan dilaksanakan oleh PME. Selain dari PME, Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) pun turut memaparkan rencana kegiatan dan target yang akan dicapai P2Ekonomi-LIPI ke depan. Dari Bidang PDHP berharap bahwa produk yang dihasilkan oleh P2Ekonomi-LIPI tidak hanya terhenti pada produk sekunder, melainkan hingga pada produk tersier. Hal ini agar kajian yang dilakukan oleh P2Ekonomi-LIPI dapat memberikan manfaat secara luas dan membangun P2Ekonomi-LIPI agar lebih bermanfaat.

 

Pada hari kedua, agendanya adalah membahas mengenai program kerja dan SOP dari Bidang Administrasi dan Keuangan dan Tim Penilai Peneliti Unit (TP2U). Setelah itu dilanjutkan oleh pemaparan rencana dan program penelitian yang akan dilaksanakan oleh masing-masing kelompok penelitian di P2Ekonomi-LIPI yang mencakup Industri Perdagangan, Keuangan dan Pebankan, serta Pembangunan Daerah. Pada sesi pemaparan dari kelompok penelitian mencapai kesepakatan penentuan koordinator untuk masing-masing tema besar yang diusung dalam flagship P2Ekonomi LIPI. Selain itu, agenda yang juga penting adalah sesi dengar pendapat dari pegawai. Pada sesi ini masing-masing mengungkapkan pandangan mengenai kondisi P2E LIPI. Dengar pendapat ini menjadi instrumen bagi P2Ekonomi-LIPI dalam menjaring masukan untuk menjadi bahan refleksi dan perbaikan.

Terakhir, sebagai penutup rapat kerja, P2Ekonomi LIPI melaksanakan kegiatan outbond pada hari ketiga. Outbond ini difasilitasi oleh tim STAR Bee dari Pusbindiklat Peneliti LIPI. Melalui outbond, semangat kebersamaan, kekeluargaan, serta kerjasama dapat terbangun sehingga harapannya dapat memajukan P2Ekonomi-LIPI. Kegiatan outbond menghasilkan sebuah pohon harapan dari masing-masing pegawai P2Ekonomi-LIPI untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang. P2Ekonomi-LIPI: profesional, excellent, komitmen! (NurFirdaus).

Bahasa Indonesia