Rapat Kerja Kedeputian IPSK LIPI

Jajaran pimpinan pada Satuan Kerja Pusat Penelitian Ekonomi LIPI mengikuti Rapat Kerja Kedeputian IPSK LIPI yang diselenggarakan di Hotel IBIS Slipi. Rapat Kerja ini dilaksanakan mulai tanggal 8 Maret 2017 sampai tanggal 9 Maret 2017. Rapat Kerja dihadiri oleh 75  peserta yang terdiri atas Deputi, Kepala Satuan Kerja, eselon III dan IV; Majelis Profesor Riset; para Ketua Kelompok Peneliti;  Koordinator kegiatan Prioritas Kedeputian Bidang IPSK LIPI, Tim Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi (PME); Koordinator HUT LIPI, pengelola Jurnal dan Website di Kedeputian Bidang IPSK -LIPI.

Tujuan dilaksanakannya Rapat Kerja adalah untuk mencapai kesepakatan dan menghasilkan rumusan yang tepat, efektif, komprehensif dalam mempertajam sasaran program dan kegiatan Kedeputian Bidang IPSK LIPI yang merujuk pada Program Prioritas Nasional Pembangunan Wilayah.

Oleh karena itu dalam Rapat Kerja dibentuk 2 (dua) komisi, yaitu (1 ) Komisi Program dan Penguatan SDM, dan (2) Komisi Branding Kedeputian Bidang IPSK - LIPI. Rapat Kerja menghasilkan 10 poin rumusan sebagai berikut:

 

  1. Kegiatan LIPI yang mendukung Prioritas Nasional Tahun 2018-2019 bertema “Pembangunan Wilayah Perdesaan Di Daerah Tertinggal dan Perbatasan Menuju Desa Mandiri” menjadi tanggungjawab Kedeputian Bidang IPSK. Outcome dari program ini adalah Terwujudnya Peningkatan Status Desa Tertinggal menjadi Desa Berkembang di Daerah Tertinggal dan Perbatasan
  1. Branding Kedeputian Bidang IPSK LIPI  harus berdasarkan visi dan perubahan mindset berpikir outward looking. Untuk mencapai branding tersebut diperlukan langkah yang strategis. Strategi branding disusun berdasarkan kelompok sasaran dengan mengacu pada indikator operasional. Kegiatan branding dilakukan dengan cara clustering mencakup empat bidang yaitu Polhukam, Maritim, Ekonomi dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
  1. Rapat kerja menetapkan tiga kata kunci branding yaitu, Dikenal, Dirujuk dan Diakui/dipercaya oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat ilmiah.
  1. Dibentuk  dua Tim Kecil untuk menindaklanjuti hasil pembahasan Komisi Program dan Komisi Branding, selambat-lambatnya minggu ketiga Maret 2017. Untuk Tim yang dibentuk berkaitan dengan Program bertugas mempertajam konsep pembangunan wilayah, target, indikator operasional, dan strategi pencapaian kegiatan yang dirancang oleh Kedeputian Bidang IPSK - LIPI. Sementara  Tim Branding bertugas untuk merumuskan branding berdasarkan visi kedeputian Bidang IPSK –LIPI sehingga dapat diukur target dan penetrasi yang jelas.
  1. Satuan Kerja mengusulkan kegiatan untuk program Pembangunan Wilayah yang menjadi tanggungjawab Kedeputian Bidang IPSK sesuai dengan kekuatan hasil risetnya masing-masing Satker. Usulan tersebut untuk sementara berpedoman pada Program Pembangunan  Wilayah yang menjadi tanggungjawab Kedeputian Bidang IPSK.
  1. Penyampaian proposal kegiatan Program Pembangunan Wilayah yang menjadi tanggungjawab Kedeputian Bidang IPSK 2018 - 2019 selambat-lambatnya Juni 2017.
  1. Kontribusi IPSK pada HUT ke 50 LIPI (ISE dan Dialog Kebangsaan) & peringatan 200 Tahun Kebun Raya Bogor menjadi Quick Wins branding hasil unggulan Kedeputian Bidang IPSK - LIPI.
  1. Pelaksanaan kegiatan Kedeputian Bidang IPSK - LIPI harus mengacu pada Renstra Refokusing Kedeputian Bidang IPSK - LIPI dan anggarannya tidak bergantung pada dana APBN.
  1. Perlu menetapkan indikator kinerja kegiatan (IKK) terkait Sasaran Strategis 10 pada penetapan Kinerja Satuan Kerja dan Kedeputian Bidang IPSK.
  1. Perlu penyempurnaan analisis beban kerja dan formasi jabatan, baik peneliti maupun non-peneliti di Lingkungan Kedeputian Bidang IPSK.
Bahasa Indonesia