Perbankan Syariah: Kontribusi dalam Pembiayaan Usaha Menengah-Besar

Bahasa Indonesia

Kehadiran perbankan syariah telah memberi warna baru dalam sektor perbankan dan ikut ambil bagian dalam menunjang perkembangan ekonomi nasional. Sebagai lembaga interme-diasi, bank syariah, cukup berperan dalam penyaluran pembiayaan yang dibutuhkan dunia usaha untuk investasi dan modal kerja.

Akses Listrik dan Kesejahteraan Masyarakat

Bahasa Indonesia

Ada banyak kendala dan tantangan yang ditemukan dalam pembangunan sektor ketenagalistrikan di wilayah perdesaan, terutama di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur. Buku Akses Listrik dan Kesejahteraan Masyarakat ini hadir untuk memberikan solusi terhadap berbagai kendala dan tantangan tersebut.

Standardisasi Produk Perikanan dan Olahannya dalam Penguatan Pasar Ekspor

Bahasa Indonesia

Buku ini mengulas persoalan standardisasi produk perikanan saat akan diekspor ke luar negeri. Seperti diketahui, pemenuhan standard menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh Indonesia untuk meningkatkan ekspor sekaligus sebagai upaya untuk melindungi pasar dan konsumen dalam negeri dari produk-produk yang tidak sesuai standar. Melalui analisis Model Performance, Vision and Strategy (PVS), sebenarnya sudah terjadi interaksi sektor publik (pusat dan daerah), swasta

Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi Kelautan: Sistem Pembiayaan Nelayan

Bahasa Indonesia

Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi Kelautan: Sistem Pembiayaan Nelayan adalah buku yang ditulis untuk memberi pemahaman kepada praktisi dan pengambil kebijakan bagaimana model pembiayaan yang sesuai dan cocok dengan karakter serta budaya nelayan. Sampai saat ini pemodal non-formal sangat berperan penting dalam menggerakkan usaha dan ekonomi nelayan. Sebaliknya, bank kurang berperan dalam memberikan kredit dan pembiayaan.

Kemiskinan Energi Listrik Memberi Terang Wilayah Terpencil Indonesia

Bahasa Indonesia

Dunia ini digerakkan oleh energi listrik. Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia bergantung dari ketersediaan listrik, mulai dari aktivitas industri, pendidikan, hingga rumah tangga. Di Indonesia, energi listrik juga memainkan peran sentral dalam menggerakkan kehidupan bangsa ini. Namun, ketersediaan listrik belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Masih banyak masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan mengakses energi listrik.

Model Pengurangan Kemiskinan Melalui Penguatan Ketahanan Pangan

Bahasa Indonesia

Upaya pengurangan kemisikinan yang selalu menjadi tujuan pembangunan di Indonesia menunjukkan bahwa kemiskinan sudah dipahami sebagai persoalan penting yang harus segera diatasi. Akan tetapi, data statistik dan realitas di masyarakat masih menunjukkan bahwa kemiskinan masih menjadi persoalan besar yang dihadapi oleh Indonesia.

Kesiapan Indonesia Menuju Pasar Tunggal dan Basis Produksi ASEAN: Sektor Jasa Logistik

Bahasa Indonesia

Buku ini membahas kesiapan Indonesia dalam menyongsong ASEAN Economic Community (AEC) dan tantangan yang dihadapi terkait sektor logistik, seperti persiapan strategis, investasi infrastruktur dan transportasi multimoda, fasilitas perdagangan, dan penyedia jasa logistik merupakan sektor yang vital karena oerannya dalam mendistribusikan barang dan jasa, mulai dari ekstraksi bahan baku, proses produksi, pemasaran hingga barang dan jasa tersebut sampai ke tangan konsumen.

Persiapan Sektor Pariwisata Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Bahasa Indonesia

Sebagaimana tercantum dalam blue print Masyarakat Ekonomi ASEAN bahwa sektor pariwisata menjadi salah satu dari 12 sektor yang diprioritaskan untuk diliberalisasi pada akhir 2015. Hal ini, di satu sisi, merupakan peluang besar yang berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan ASEAN ke Indonesia. Namun, di sisi lain, pelaku usaha pariwisata domestik akan dihadapkan pada persaingan yang lebih ketat dengan sesama anggota ASEAN.

Peran Lembaga Keuangan Perdesaan dalam Pembiayaan Usaha Perikanan Tangkap

Bahasa Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia seharusnya bisa mengandalkan perikanan laut sebagai salah satu kekuatan perekonomian nasional. Namun, tampaknya hal tersebut masih jauh dari harapan. Masyarakat nelayan masih didera persoalan klasik, yaitu kesulitan mendapatkan modal pinjaman. Terlebih lagi, lembaga keuangan formal sebagai mitra pemerintah dalam merealisasikan program peningkatan kesejahteraan nelayan juga masih sulit dalam memberikan kredit kepada nelayan.

From Darkness to Light: energy security in Indonesia's Power Sector

Bahasa Indonesia

By Maxensius Tri Sambodo

This book aims to assess the multidimensional aspects of energy security in the electricity sector. There are few academis literature that assess regulation and governance, availability, technology, development and efficiency, environmental sustainability, and affordability dimensions comprehensively. this book demonstrates how these dimensions are interconnected

ISEAS Publishing

ISBN : 978-961-4695-47-3

 

Halaman